7 Fakta unik Lukisan Monalisa

Mona Lisa, atau La Gioconda (La Joconde), adalah lukisan minyak di atas kayu poplar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-16. Lukisan ini sering dianggap sebagai salah satu lukisan paling terkenal di dunia dan hanya sedikit karya seni lain yang menjadi pusat perhatian, studi, mitologi, dan parodi. Tapi tahu kah ada selain itu ada 7 fakta menarik mengnai lukisan ini.
image

  • Nama Lukisan ini lebih dikenal dengan sebutan Mona Lisa yang merupakan kesalahan dalam pengejaan! Nama yang sesungguhnya adalah Monna Lisa, yang didalam bahasa italia memiliki arti “My lady” “wanitaku/kekasihku”.
  • Beberapa orang berpendapat bahwa model dari lukisan Mona Lisa ini adalah Da Vinci sendiri  dalam bentuk wanita. Namun berdasarkan teori yang masuk akal adalah model dari lukisan ini merupakan Lisa Gherardini, yaitu seorang wanita yang lahir pada tahun 1479 yang berusia 24 tahun dan memiliki 2 orang anak laki-laki ketika ia berpose untuk lukisan ini. mengapa da Vinci memilihnya masih merupakan misteri hingga saat ini.
  • Baru-baru ini ditemukan bagian lukisan yang tidak sempurna atau cacat, dikarenakan pada tahun 1956, seorang pria bernama Ugo Ungaza melemparkan batu di lukisan, yang mengakibatkan sebuah goresan kecil sehingga cat rusak di bagian siku kirinya.
  • Ketenaran dari lukisan ini disebabkan juga karena peristiwa pencurian dari Museum Louvre di Paris di siang hari bolong oleh karyawan pada tahun 1911. Lukisan ini pun ditemukan 2 tahun kemudian.
  • Lukisan ini disimpan didalam ruangan tersendiri Museum Louvre di Paris yang dilindungi dalam lingkungan iklim terkendali dan di simpan didalam kaca anti peluru. Ruangan tersebut dibangun khusus untuk lukisan ini dan biaya yang dihabisakan mencapai $7.000.000. Lukisan ini sendiri dianggap tak ternilai harganya dan tidak dapat diasuransikan.
  • Ada beberapa rumor yang berkembang mengapa lukisan ini tidak memiliki alis, yaitu pada saat pembersiahan dan perbaikan lukisan untuk pertamakalinya secara tidak sengaja bagian alis terhapus. Sedangkan rumor yang lain berpendapat Da Vinci, seseorang yang perfectionist, tidak pernah menyelesaikan lukisan ini, dan sebagian besar lukisannya yang tersisa juga belum selesai.
  • Studi ekstensif terbaru menunjukkan bahwa ada tiga versi yang berbeda dengan versi yang saat ini kita dilihat. Salah satu versi memiliki tangan mencengkeram lengan kursi.

iki-Chipp

1 comment:

  1. salam, artikel yang sangat bagus kawan, kunjungi blog aku yah dan jgn lupa tinggalkan komentar sekaligus kritikannya.
    thanks

    ReplyDelete

Instagram